Selasa, 17 Februari 2009

Bagian Penting dari Tubuhmu....
Ibuku selalu bertanya, mana dari bagian tubihku yang paling penting. Bertahun-tahun aku selalu menebak dengan jawaban yang aku anggap benar. Ketika aku masih kanak-kanak, aku pikir suara adalha bgian penting bagi manusia, jadi akupun menjawab ;” Telinga Buu...”. Tetapi, jawaban itu salah.

” Bukan itu anakku sayang, buktinya banyak orang didunia ini yang tuli. Teruslah berpikir, suatu saat aku akan menanyakannya lagi ”.

Beberapa tahun berikutnya, aku mencoba menjawab, sebelum bertanya lagi. Sejak jawaban pertama salah, kini aku yakin jawabanku benar. Dan akupun berkata :” Buu...penglihatan sangat penting bagi manusia, jadi pastilah mata kita merupakan bagian tubuh yang terpenting ”.

Beliau menjawab :” Kau belajar dengan cepat. tapi sayang, bukan itu jawannya. Buktinya masih banyak orang yang buta ”.

Gagal lagi, aku meneruskan mencari jawaban baru dari tahun ke tahun. Ibu terus bertanya, dan ketika aku menjawab, Beilau selalu berkata :” Kau belajar dengan cepat dari atahun ke tahun, tapi jawabannmu masih salah ”.

Akhirnya, tahun lalu Nnek meninggal,. Semua keluarga sedih. Semua menangis. Bahkan, Bapakpun menangis. Aku sangat ingat hal itu, karena itulah kali kedua Bapak menagis. Ibu terus memandangiku, saat tiba giliranku mengucapkan selamt tinggal pada Nenek.

Beliau bertanya :” Apa kau sudah tahu, Anakku mana bagian dari tubuh kita yang paling penting ?”.
Ibu, melihat kebinggungan diwajahku dan membritahuku. ” Pertanyyan ini penting, untuk membuktikan apa kau benar-benar sudah ”hidup”. Untuk semua bagian tubuh yang dulu pernah kau sebutkan padaku, aku selalu mengatakannya salah dan sudah kuberiatahu alasannya. Tapi, hari ini adalah saatnya kau mendapatkan pelajaran penting ”.

Beliau memandangiku dengan sangat keibuan, dan aku melihat matanya berair. ” Nak, bagian tubuh yang paling penting adalah ”bahu” kita ”.

Lalu aku bertanya :” Apa karena fungsinya yang menahan kepala ?”.
” Bukan, karena bahu dapat menahan kepala seorang teman atau orang yang kau sayangi saat mereka menangis. Kadang-kadang di dunia ini semua orang membutukan bahu untuk menangis. Ibu harap, kamu punya cukup teman dan kasih sayang, sehingga kamu selalu punya bahu untuk menangis kapan pun kamu membutuhkan ”;

Akhirnya, aku tahu, bagian tubuh paling pentinh adalah tidak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Tapi. simpati dan empati terhadap penderitaan orang lain. Orang akan melupakan apa yang pernah kamu katakan. Orang akan melupakan apa yang pernah kamu lakukan. Tapi, orang lain tidak akan pernah lupa, bagaimana kamu membuat mereka ”berarti” ”.

Tidak ada komentar: